Cara Menabung hingga bisa Membeli Rumah

beli rumah murah tangerang
menabung untuk membeli rumah

Apa itu Menabung?

Menabung menurut KBBI adalah menyimpan uang (di celengan, pos, bank, dan sebagainya). Kebiasaan menyimpan uang dan tidak langsung menghabiskannya ketika mendapatkan dari orang tua ataupun sehabis gajian mungkin lumrah bagi sebagian dari kita ataupun mungkin hal yang asing dan jarang kita lakukan hari-hari ini. Namun untuk resolusi tahun yang baru, menabung tidak akan pernah jadi hal yang buruk untuk masa depan yang lebih baik. Jadi tidak ada salahnya kita memulai kebiasaan baik menabung.

Mengapa harus menabung?

Tujuan menabung sendiri ialah untuk memenuhi tujuan yang kita ingin wujudkan segera atau di kemudian hari. Jika pada artikel ini, kita menabung untuk bisa membeli rumah. Maka menabung dapat mengantar anda mewujudkan impian anda memiliki rumah idaman anda.

Bagaimana cara menabung?

Setelah kita tahu apa itu menabung dan apa tujuannya. Lalu bagaimana cara agar bisa mulai menabung hingga bisa membeli rumah? Mari simak tiga cara di bawah ini :

1. Mengalokasikan dana untuk menabung setiap bulan

Menyisihkan uang sisa di akhir bulan bisa meniadakan sama sekali niat kita untuk menabung. Tanpa perencanaan yang jelas dan tegas bagi pemasukan kita, maka pengeluaran kita pun bisa berkeliaran kesana kemari tanpa jejak. Maka untuk dapat menabung, kita perlu mengalokasikan dana yang jelas untuk ditabung. Bagaimana langkahnya? Mari perhatikan beberapa tips di bawah ini :

a. Buatlah perencanaan keuangan setiap bulan

Hal ini bisa dimulai menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada di handphone mu untuk mengalokasikan pemasukan perbulan. Seperti 500 ribu untuk makan satu bulan, 750 ribu untuk bayar kosan, 500 ribu untuk menabung dan lain-lain. Seberapapun pemasukan dalam satu bulan dapat kita gunakan untuk menabung jika kita merencanakan keuangan kita untuk itu.

b. Menabung di hari H mendapatkan gaji

Setelah kita memiliki perencanaan keuangan yang baik, apalah artinya jika kita tidak mentaatinya. Maka dari itu segeralah menabung di hari H ketika gajian atau mendapat pemasukan. Tidak perlu menunggu uang itu raib dibelanjakan atau lupa untuk ditabung. Langsung ditabung di hari H. Karena kita tahu ketika menunda-nunda pastilah uang kita terpakai semua dan rencana menabung pun hanyalah rencana.
Jika nominal yang telah ditetapkan adalah 500 ribu per bulannya, taatilah untuk memotong penggunaan uang di bulan tersebut otomatis terpotong 500 ribu. Tidak kurang dari itu dan jangan dilanggar. Bila alasan tersering adalah lupa, pasang alarm setiap kali gajian supaya tujuan untuk menabung tidak pernah berubah.

c. Tetapkan lembaran uang tertentu yang harus ditabung

Cara lain jika kamu mau menabung secara rutin. Tetapkan lembaran uang tertentu misalnya 2000 rupiah untuk kamu tabung setiap kali kamu memilikinya. Hal ini akan membawamu kepada kebiasaan menabung yang tidak akan kamu sadari bahwa jumlahnya semakin hari semakin menunjukkan total yang besar bagi tabunganmu.

d. Simpan bonus kerja di luar gaji, jangan digunakan

Selain dari gaji atau pemasukan tetap tiap bulan yang kita miliki. Kita bisa menabung uang yangkita dapat dari bonus kerja atau uang yang kita dapatkan dari sumber lainnya misalnya dari orang tua, saudara, orang-orang terdekat atau bonus-bonus kegiatan yang menghasilkan uang. Lantas jangan langsung digunakan namun masukkan ke dalam tabunganmu.

d. Buka akun bank yang tidak bisa diambil

Ini hal yang penting bagi kamu yang begitu mudah tergoda untuk membongkar tabunganmu dan melepaskan hasrat belanja yang tertahan selama ini. Bukalah akun bank yang tidak bisa diambil dan membuatmu tidak bisa melakukan apa-apa selain dari melanjutkan untuk menabung. Tenanglah lebih baik diambil di saat waktunya tiba dari pada penyesalan bahwa tabunganmu selama ini raib seketika karena tidak ada upaya menahannya.

2. Investasi

Investasi hari-hari ini sudah bukan merupakan hal yang asing lagi. Sudah banyak orang yang melakukan investasi melalui berjualan online, menjadi reseller, dropshiper dan lain-lain. Kamu pun bisa mulai melakukan investasi dengan cara-cara di bawah ini :

a. Bisnis online

Bisnis online adalah hal populer yang dipilih orang-orang saat ini. Kamu bisa memulai bisnismu sendiri melalui instagram, facebook, tokopedia, lazada, bukalapak dll. Atau kamu ikut ke dalam investasi bisnis kecil-kecilan milik orang lain tentunya yang jelas dan halal, semacam menanam saham dalam jumlah kecil yang memberikan keuntungan bagi anda.

b. Membeli emas

Meskipun hanya satu atau dua gram, emas bisa dibeli digunakan sekaligus dijadikan investasi yang dapat dijual ketika harganya naik dan segera ditabung kembali. Menarik bukan?

c. Membeli dollar

Tak jauh berbeda dengan emas, investasi dollar juga bisa jadi pilihan mudah buatmu mulai untuk menabung.

d. Investasi waktu

Investasikan waktu weekend untuk freelance atau kerja sampingan untuk mendapat uang tambahan. Pekerjaan yang dilakukan bisa pekerjaan yang sesuai dengan hobi anda sehingga weekend untuk kamu melepas penat menjadi menyenangkan sekaligus menghasilkan pendapatan bagimu. Be smart !

3. Berhemat

Berhemat sangat membantu menjaga keuangan kita tidak melebihi yang seharusnya dan kebiasaan menabung bisa dilakukan. Namun jika berhemat begitu abstrak dan hampir tidak bisa berhasil dalam keseharian kita. Berikut adalah tips-tips untuk berhemat :

a. Belanja sesuai yang diperlukan

Sebelum kamu berangkat untuk pergi belanja, catatlah barang apa saja yang diperlukan dan bawa uang secukupnya sesuai total barang belanjaan yang ada di catatan kita. Jadi ketika belanja kita hanya perlu fokus mencari dan membeli barang-barang yang ada di catatan kita. Hanya apa yang ada di catatan!

b. Jangan tergoda

Meskipun banyak tulisan barang-barang SALE selain yang ada di catatanmu, berhentilah menatapnya! Jangan tergoda! Lihatlah hanya apa yang ada di catatanmu.

c. Membuat makanan sendiri

Jika selama ini uang yang ada lebih banyak habis untuk membeli jajan di luar, mulailah membuat makanan sendiri sehingga uang yang bisa digunakan untuk jajan di luar bisa dialihkan ke tabunganmu. Sehat sekaligus hemat bukan?

Nah hal-hal di atas adalah cara-cara menabung agar anda dapat memenuhi kebutuhan anda memiliki rumah pribadi di tahun 2019 ini. Yang perlu anda ketahui agar bisa mendapatkan rumah, anda bisa mencoba sistem KPR ( Kredit Pemilikan Rumah). Beberapa bank yang menyediakan jasa KPR antara lain Bank BTN, Bank Mandiri, Bank Permata, BCA, BRI dan BNI. Dengan tinggal menyiapkan dokumen-dokumen seperti profil nasabah, pengajuan nasabah dan legalitas rumah KPR, maka anda sudah bisa mulai mencicil rumah sendiri.

Sudah tidak sabar untuk memulai menabung dan mendapatkan rumah pribadi bukan? Nah info penting bagi anda, Green Natural Huis adalah salah satu perumahan yang dapat anda miliki dengan KPR dari bank BTN. Perumahan cluster eksklusif di Tangerang Selatan menanti anda untuk dimiliki dan dinikmati. Penasaran? Segera hubungi kontak yang tertera di https://www.grenhuis.com/kontak/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menabung hingga bisa Membeli Rumah"

Post a Comment

Cari Rumah Tangerang Baru Di Sini!